Beberapa Pertimbangan untuk Memilih Komputer Sesuai dengan Kebutuhan

Januari 11, 2017 0 Comments A+ a-



Oke Readers,
Komputer merupakan perangkat yang sekarang sudah menjadi kebutuhan kita sehari-hari. Ada yang untuk bekerja, untuk mengerjakan tugas, mendengarkan musik, meenonton film, sampai bermain game. Nah, karena itu, penting banget nih buat kita, sebelum membeli perangkat komputer, dipertimbangkan dulu kebutuhannya untuk apa. Berikut Aprill share beberapa hal yang harusnya menjadi pertimbangan readers sekalian sebelum membeli komputer. Cekidot!





1.  Tentukan untuk apa komputer tersebut. Komputer untuk keperluan sederhana seperti office tidak membutuhkan spesifikasi yang terlalu tinggi. Kemudian komputer dengan kebutuhan menengah untuk multimedia membutuhkan spesifikasi yang baik. Sedangkan untuk komputer game, dibutuhkan spesifikasi yang sangat tinggi.

2.   Pilih jenis processor, ada banyak sekali processor baik dari AMD maupun Intel. Pilih sesuai kebutuhan dan budget anda.

·    komputer office => disarankan processor dual core
·    komputer multimedia => disarankan processor dual core atau quadcore
·    komputer game => disarankan untuk menggunakan processor quadcore keatas


3.    Motherboard, memilih motherboard harus sesuai dengan socket yang dibutuhkan oleh processor. Anda tidak bisa menggunakan sembarang motherboard karena tiap-tiap processor memiliki socket yang berbeda


4.    Hardisk, merupakan tempat penyimpanan data untuk file-file di komputer anda. 
·        komputer office => usahakan minimal menggunakan hardisk 160GB
·      komputer multimedia => minimal 500GB agar bisa menampung file-file besar seperti film
·   komputer game => minimal 1000GB(1TB) karena banyaknya model game dengan size yang sangat besar


5.  RAM, untuk pembahasan RAM, diperlukan penjelasan lebih tentang frekuensi pada RAM, latency, dan lain-lain. Nah di sini saya memberikan saran pemilihan kapasitas RAM untuk readers, sebagai bahan pertimbangan :

      ·       komputer office => minimal 2GB DDR3 1 keping
     ·     komputer multimedia => minimal 4GB DDR3 dual channel (2GB 2x), khusus    untuk intel boleh 1 keping
      ·       komputer game => minimal 8GB DDR3 dual channel


6.    VGA > berfungsi untuk menampilkan gambar pada layar monitor anda. Semakin bagus kualitas          kartu VGA, semakin bagus pula gambar yang dihasilkan. Selain itu, VGA dengan spesifikasi tinggi sangat dibutuhkan untuk menjalankan game-game masa kini.

·        komputer ofice => cukup gunakan vga onboard
·        komputer multimedia => gunakan vga onboard dari processor CORE i ataupun AMD APU
·       komputer game => vga terbaru dengan harga kisaran >1 jutaan, atau sebagai alternatif bisa menggunakan processor AMD APU dan menggabungkannya dengan vga 600 ribuan (low to medium gaming)


7.  Power supply, merupakan jantungnya dari komputer, memilih psu yang tepat sangat dibutuhkan untuk menjaga keawetan komputer anda. 

·    komputer office => bisa gunakan psu bawaan casing
·    komputer multimedia => beli psu 400w dengan label 80+ dalam produknya
·    komputer game => membutuhkan psu super untuk bisa mengangkat kebutuhan daya komponennya yang sagat tinggi, gunakan minimal psu 620W pure


Silahkan Berkomentar Positif Ya ^^